Zen, Si Penantang Intel dari AMD

KOMPAS.com - Intel sedang mempersiapkan prosesor masa depan dengan sandi Skylake. Seolah tak mau kalah, sang rival di industri terkait, AMD, kabarnya juga tengah merancang produk yang akan berhadapan langsung dengan chip tersebut.

Kode nama sang penantang dari AMD ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dariKitguru (24/2/2015), adalah Zen. 

Saat sudah dilepas ke pasaran pada 2016 nanti, Zen disinyalir bakal menawarkan sebagian besar fitur yang dimiliki oleh Skylake, termasuk teknologi fabrikasi 14nm, delapan buah inti prosesor (core), dukungan memori DDR4, dan PCI Express 3.0.

Keterangan yang beredar menyebutkan bahwa Zen pada awalnya akan hadir dalam bentuk prosesor untuk server seperti seri prosesor Opteron saat ini.  

Kemudian, sebagaimana yang biasa dilakukan oleh AMD, keluarga prosesor Zen akan memiliki “turunan” berupa varian chip yang ditujukan untuk PC desktop dengan kode nama “Summit Ridge”.

Summit Ridge diprediksi bakal meluncur pada kuartal ketiga 2016, namun tanggal pastinya tak diketahui. 

Selain segelintir informasi di atas, masih belum banyak hal yang diketahui mengenai Zen. Yang jelas, pihak AMD mengatakan bahwa Zen merupakan hasil rancangan chip yang sangat berbeda dari prosesor keluarga “buldozer” yang dipasarkan oleh AMD saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.