Prosesor Octa-core 64-bit Samsung Mulai Diproduksi

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan dimulainya produksi Exynos 7, prosesor 64-bit dengan delapan buah inti (octa core) yang diduga kuat bakal muncul di smartphoneandalan baru Samsung, Galaxy S6.

Exynos 7 diproduksi massal dengan teknologi fabrikasi FinFET 14nm yang diklaim bisa menghasilkan peningkatan kinerja hingga 20 persen.

Sementara, konsumsi daya disebutkan bisa turun sebesar 35 persen dibanding teknologi 20 nm yang dipakai pada chip mobile terdahulu seperti Snapdragon 810 besutan Qualcomm.

"Teknologi FinFET 14nm Samsung adalah yang proses logic yang paling canggih di dunia," sebut Gabsoo Han, wakil presiden penjualan dan pemasaran Samsung Electronics, dalam berita Samsung Tomorrow yang dirangkum oleh Kompas Tekno, Senin (16/2/2015).

Samsung sudah mengembangkan teknologi FinFET sejak tahun 2003. Teknologi berbasis struktur transistor tiga dimensi dipercaya dapat memberikan keunggulan di industri bagi pabrikan asal Korea Selatan itu.

Samsung menyebutkan bahwa teknologi FinFET 14 nm pertama-tama akan diterapkan pada Exynos 7 sebelum mulai dikembngkan ke produk chip lain pada tahun ini.

Samsung Galaxy S6 yang kabarnya bakal menjadi platform perdana dari Exynos 7 diprediksi bakal meluncur resmi dalam gelaran MWC 2015 di Barcelona, Spanyol, 1 Maret mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.