iPad Baru Datang, iPad Lama Turun Harga

KOMPAS.com — iPad Air 2 dan iPad Mini 3 telah resmi diumumkan. Kedua model tablet ini hadir mengusung teknologi-teknologi terbaru, seperti pemindai sidik jari dan prosesor Apple A8X.

Kedatangan iPad Air 2 dan iPad Mini 3 tak serta-merta membuat iPad generasi terdahulu menjadi usang. iPad Air, iPad Mini 2 (retina display), dan iPad Mini tetap dipertahankan di lini produk Apple sehingga pabrikan itu kini memiliki lima model iPad.

Menariknya, harga model-model iPad lawas itu diturunkan seiring dengan kehadiran dua iPad terbaru. iPad Mini 2, misalnya, kini dihargai mulai 299 dollar AS, sementara iPad Mini generasi pertama dibanderol lebih murah 50 dollar AS.

Selengkapnya bisa dilihat pada tabel yang dirangkum dari The Verge di bawah ini.
iPad AirWi-Fi onlyWi-Fi + Cellular
16 GB399 dollar AS/ Rp 4,9 juta529 dollar AS/ Rp 6,5 juta
32 GB499 dollar AS/ Rp 6,1 juta629 dollar AS/ Rp 7,7 juta
iPad Mini 2 (retina display)Wi-Fi onlyWi-Fi + Cellular
16 GB299 dollar AS/ Rp 3,6 juta429 dollar AS/ Rp 5,3 juta
32 GB349 dollar AS/ Rp 4,3 juta479 dollar AS/ Rp 5,9 juta
iPad MiniWi-Fi onlyWi-Fi + Cellular
16 GB250 dollar AS/ Rp 3,1 juta379 dollar AS/ Rp 4,6 juta


Perlu diketahui bahwa harga-harga di atas berlaku untuk pasaran Amerika Serikat. Di Indonesia, iPad biasanya dibanderol sedikit lebih mahal.

Daftar harga iPad Air 2 dan iPad Mini 3 dapat dilihat di tautan berikut.

Saatnya beli iPad Mini 2?

iPad Mini 3 sama sekali tidak disebut dalam presentasi Kepala Marketing Apple Phil Schiller ketika memperkenalkan iPad Air 2 dalam acara hari Kamis (16/10/2014).

Perangkat ini hanya muncul ketika Schiller menjelaskan soal harga-harga iPad menjelang akhir waktunya di panggung. Mengapa demikian?

Kemungkinan karena iPad Mini 3 memang tak mengusung peningkatan signifikan dibanding pendahulunya, iPad Mini 2 atau yang juga dikenal sebagai iPad Mini with Retina Display.

Perubahan yang kentara pada iPad Mini 3 hanyalah pemindai sidik jari TouchID yang kini menghuni tombol Home. Di luar itu, parameter lain seperti layar dan kamera tetap sama dengan iPad Mini 2, sementara harga kedua perangkat berselisih 100 dollar AS atau lebih dari Rp 1,2 juta.

Apakah fitur TouchID pada iPad Mini 3 layak ditebus dengan harga Rp 1,2 juta? Meski pemindai sidik jari ini menawarkan sejumlah fungsi baru terkait keamanan, untuk sebagian besar pengguna, jawabannya mungkin adalah "tidak".

Karena itu, bisa dikatakan bahwa iPad Mini 3 kurang layak dibeli. Begitu pula dengan iPad Mini generasi pertama yang masih dijual dengan harga 250 dollar AS. Perangkat yang diperkenalkan tahun 2012 ini sudah terlalu usang.
Lagi pula, cukup dengan menambah 50 dollar AS lagi, pengguna sudah bisa mendapatkan iPad Mini 2 dengan kemampuan jauh lebih mumpuni. Jadi saat ini iPad Mini 2 bisa disebut "biggest bang for the buck".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.